"Hope and Believe"

Meneruskan dari bagian pertama, saya ingin mengangkat beda kebudayaan dan cara pandang antara orang timur dengan orang barat pada umumnya. Icon yang ada di blog ini dibuat oleh Liu Yang, seorang warga negara Cina yang pernah tinggal di Jerman. Dimana sisi merah adalah kebudayaan orang Asia pada umumnya, dan biru mewakili kebudayaan orang Eropa.

Saya

Saya

Orang Eropa melihat dirinya adalah suatu entitas tersendiri, dan merupakan pusat dari segala-galanya. Sedangkan orang Asia melihat dirinya adalah suatu bagian dari yang lebih besar, misalkan aja suatu kelompok di masyarakat. Oleh karena itu orang Eropa dalam melakukan sesuatu lebih suka melakukannya sendiri, lebih mandiri, sedangkan orang Asia lebih suka melakukan sesuatu secara bersama-sama. Karena itu dari sudut mata orang Asia, orang Eropa lebih terkesan egois dan individualistis(yang mungkin memang begitu 😀 )hehehe…

Kontak

Kontak

Karena terbiasa dengan kemandiriannya, maka orang Eropa mempunyai sedikit kontak dibanding orang Asia. Selama saya tinggal di Belanda, saya tidak pernah melihat kontak teman orang Belanda di jejaring Facebook lebih dari 1000. Rata-rata mereka mempunyai jumlah teman sekitar 100-200 orang. Bagi orang Belanda ada sesuatu yang berbeda antara teman dengan kolega. Teman lebih bisa diajak hang-out, sedangkan kolega hanya pertemanan di sebatas lingkup tertentu, contoh: teman satu kantor=kolega, teman satu kelas=kolega. Jadi.. jangan kaget, jika orang disini jarang bertukar no handphone, atapun pin BB karena kita hanya menjadi teman satu kantor, atau temen satu kost.

Pesta

Pesta

Yup.. dari gambarnya sudah keliatan banget… Disaat pesta orang Eropa lebih suka berkumpul menjadi kelompok-kelompok kecil, sedangkan orang Asia menjadi satu kelompok besar.  “The more the stronger we are” Saya sendiri lebih tetap lebih suka untuk berkumpul bersama-sama.

—bagian 2 selesai—

Advertisements

Comments on: "Ketika Timur Bertemu Dengan Barat bagian-2" (3)

  1. Andika Pradana said:

    lagi dong bagian ke tiganya .. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: