"Hope and Believe"

Halo.. ketemu lagi.. kali ini Angga mo cerita tentang thesisnya sewaktu kuliah di TU/e, Eindhoven, Belanda. Tetapi karena tema ini cukup besar, maka aku putuskan tuk membaginya jadi beberapa sudut pandang dan bagian. Beberapa waktu lalu Angga pernah berbagi romantika saat mengerjakan thesis di  “Memori…”.  Yang lebih menekankan keadaan emosi Angga pada saat mengerjakan thesis.

Kali ini Angga ingin bercerita dari sudut pandang yang lain. Bagian pertama ini memperkenalkan latar belakang dan beberapa istilah yang digunakan. Bagian kedua bakal menceritakan kenapa sih doi ini keren.. hehe.. *narsis*

Aku sangat tertarik dengan process mining, yaitu teknik dimana kita bisa melakukan analisis terhadap business process berdasarkan log event.  Misalkan saja ada organisasi, contoh Pemda(pemerintahan daerah) mempunyai business process mengenai perjinan mendirikan bangunan. Business process tersebut terdiri dari beberapa event, yaitu submit document, verify document, check house, decision, dan archive. Kejadian-kejadian ini ini akan dicatat oleh komputer dalam sebuah event log.

Workflow

Workflow

Dalam dunia sehari-hari diary(catatan harian) merupakan event log, apa yang telah dilakukan orang tersebut merupakan event. Sedangkan business process merupakan kumpulan apa-apa yang telah dilakukan oleh orang tersebut. Mudahnya, process mining merupakan teknik untuk menganalisis buku harian 😉

Supervisor thesisku, yaitu Wil van der Aalst , semacam godfather di bidang ini. Menurut Google Scholar, Wil adalah salah satu ranking tertinggi computer scientist di Eropa setelah Andrew Zisserman(saat itu dia adalah yang pertama).  Itu pendapat masyarakat umum, beda pula pendapat teman-teman:

“He is really picky… really… really picky…and I mean it…”(Santiago, 2013)

“Why you make your life more difficult?” (Manuel, 2013)

“I told  you not to take him as a supervisor. Why Angga?” (Anonymous, 2013)

“Wil van der Aalst?” *orangnya pingsan tiba-tiba pingsan dan keluar busanya..* G mungkin banget klo yang ini.. Hahaha…!!!

Siang itu aku masuk ke kantor Wil. Dia menanyakan bagian mana yang aku suka dalam process mining. Aku jawab bahwa aku tertarik untuk bagian performa, meningkatkan efisiensi di suatu organisasi.

Wil berkata bahwa untuk mengerjakan thesis ini dibutuhkan kemampuan programmnig yang kuat. Akan tetapi aku lemah dalam pemrograman berorientasi objek. Diberikan waktu sehari bagiku untuk memikirkan ulang apakah aku ingin melakukannya. Tentu saja aku menyanggupinya… “Uh-oh… not a smart move Angga.. Welcome to the most difficult time in your life”.

 

–Bagian pertama selesai–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: